Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas Sambal TBMK (terasi, bawang merah, kemangi) Untuk Pemula!

Ayam Goreng Lengkuas Sambal TBMK (terasi, bawang merah, kemangi). Resep Dapur Happy kali ini adalah Ayam Goreng Lengkuas, Sambel Terasi, dan bawang putih geprek. Hasil makanan dikombinasikan dengan lalapan kacang panjang. Sekilas mirip Ayam Goreng ditaburi serundeng dan serundeng ini berasal dari lengkuas yang diparut.

Ayam Goreng Lengkuas Sambal TBMK (terasi, bawang merah, kemangi) Letakkan ayam goreng di atas sambal dan kemangi kemudian penyet perlahan menggunakan Kemudian masukkan ayam dan goreng hingga matang. Ayam yang sudah digoreng siap untuk Pertama, campurkan potongan cabai rawit, cabai besar, bawang merah, bawang putih, terasi. Olahan ayam lain yang juga bisa Anda coba di rumah adalah resep ayam asam manis. Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menghidangkan Ayam Goreng Lengkuas Sambal TBMK (terasi, bawang merah, kemangi) hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Ayam Goreng Lengkuas Sambal TBMK (terasi, bawang merah, kemangi)!

Bahan Ayam Goreng Lengkuas Sambal TBMK (terasi, bawang merah, kemangi)

  1. Diperlukan 600 gram of ayam.
  2. Sediakan of Bumbu Halus.
  3. Sediakan 5 of bawang merah.
  4. Diperlukan 2 of bawang putih.
  5. Gunakan 2 of kemiri.
  6. Sediakan 1 sdt of ketumbar.
  7. Siapkan 1 cm of kunyit.
  8. Diperlukan 2 cm of jahe.
  9. Dibutuhkan 5 cm of lengkuas (bisa diparut/dihaluskan).
  10. Dibutuhkan Secukupnya of garam dan lada.
  11. Gunakan of Bumbu cemplung.
  12. Siapkan 1 of sereh geprek.
  13. Diperlukan 2 of daun salam.
  14. Gunakan 3 of daun jeruk.
  15. Sediakan of Bahan sambal.
  16. Siapkan 5 of cabe rawit.
  17. Diperlukan 2 of bawang merah.
  18. Diperlukan Sejumput of terasi bubuk.
  19. Diperlukan Secukupnya of kemangi.
  20. Diperlukan Secukupnya of garam.
  21. Sediakan of (sambal utk 1 porsi yaa. Kalau mau lebih 1 porsi bs ditambah).

Sambal goreng ati ayam tempe tahu. foto: Instagram/@widyhartono. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Lengkuas dan salam memberikan rasa yang sedap dan khas pada bacem. Bahan bobor bayam adalah bayam, santan, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan ketumbar. Bobor bayam tepat dijadikan sebagai santapan siang hari.

Langkah-langkah memasak Ayam Goreng Lengkuas Sambal TBMK (terasi, bawang merah, kemangi)

  1. Cuci bersih ayam, rebus sebentar utk hilangin kotorannya. Kemudian ganti airnya dan ungkep bersama bumbu halus plus bumbu cemplung..
  2. Ungkep dengan air secukupnya. Jangan terlalu banyak, yg penting semua ayam bisa terendam. Ungkep sampai air hampir asat dan bumbu meresap..
  3. Kalau sudah, angkat ayam dan saring bumbunya. Selanjutnya goreng ayam yg dibutuhkan saja. Goreng sampai kuning keemasan. Setelah itu ambil beberapa sendok bumbunya dan goreng sampai kering..
  4. Siapkan bumbu sambal, uleg semua bumbu. Setelah itu geprek ayam pada sambal dan taburi bumbu goreng. Syedaaaappp 😋.
  5. Ungkepan ayam bisa disimpan, sewaktu" mau goreng tinggal ambil aja..

Berikut resep bobor ayam dan sambal terasi dari Sajian Sedap. Ayam betutu goreng siap untuk dihidangkan. Buatlah bumbu uleg kasar yang terdiri dari ketumbar, merica, terasi bakar, kencur, kunyit, jahe dan lengkuas. Masakan ini adalah sambal goreng tempe. Kita mulai dengan memakai resep yang sederhana hingga sedikit variasi tambahannya agar tidak bosan.

Post a Comment

0 Comments