Cara Bikin Sambel Asem Khas Cirebon yang Gurih!

Sambel Asem Khas Cirebon. Rujak serut + rujak uleg khas cirebon. Resep sambal goreng khas cirebon Super enak. Today Recipe - Asem Asem Daging by Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Sambel Asem Khas Cirebon Makanan Khas Cirebon dengan aroma yang unik ini (walau kadang, untuk beberapa orang yang belum pernah mencoba, aromanya dinyatakan kurang sedap), memiliki cukup banyak. Sambel khas Manado ini terbuat dari potongan cabe, tomat, bawang, dan Sambel khas batak berbahan dasar cabe ijo dan ditambahkan bunga kecombrang dan kemiri. Cirebon terkenal akan hasil lautnya, tak salah jika oalahan sambelnya pun menggunakan bahan hasil. Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat memasak Sambel Asem Khas Cirebon hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Sambel Asem Khas Cirebon yuk!

Bahan-bahan Sambel Asem Khas Cirebon

  1. Dibutuhkan 2 ikat of Kangkung.
  2. Diperlukan of Kecambah (beli aja 1rb di warung sayur udah cukup banyak).
  3. Dibutuhkan 1 buah of Mentimun.
  4. Diperlukan 5 buah of Cabai merah.
  5. Gunakan 2 butir of Bawang merah.
  6. Dibutuhkan 1 butir of Bawang putih.
  7. Dibutuhkan 1/2 buah of Tomat.
  8. Siapkan of Cabai rawit 10 buah (sesuai selera).
  9. Siapkan secukupnya of Asam.
  10. Gunakan secukupnya of Gula.
  11. Diperlukan secukupnya of Garam.
  12. Sediakan secukupnya of Penyedap rasa.
  13. Sediakan 1/2 bungkus of Terasi ABC.
  14. Siapkan 100 ml of Air hangat untuk menyeduh asam.
  15. Gunakan of Kerupuk (saya pakai kerupuk pasir).

Meski pedasnya dahsyat, Sambel Setan Bu Mut tetap banyak dikunjungi. Lidah-lidah pemburu makanan lezat, bagaimana pun tidak bisa dibohongi. Pecinta makanan pedas di ibukota, nggak afdol kalau belum kepedesan sama Sambel Setan Bu Mut. CIREBON, KOMPAS.com - Empal gentong jadi salah satu santapan khas yang wajib dicoba saat ke Cirebon.

Langkah-langkah memasak Sambel Asem Khas Cirebon

  1. Rebus cabai,tomat, terasi, bawang putih + bawang merah. Lalu uleg sampai lembut..
  2. Beri garam, gula, penyedap rasa dan air asam..
  3. Lakukan test rasa,.
  4. Rebus kangkung, kecambah & mentimun..
  5. Setelah sayur matang, tiriskan. Dan sajikan dengan takaran sesuai selera, kemudian siram dengan sambal + beri kerupuk.
  6. Jadi deh 😊....

Namun dari banyaknya tempat makan KOMPAS. COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner. Empal gentong Sejenis sayur semacam gulai yang kuahnya kuning berisi potongan daging dan Cuma ati-ati aja jangan sampai pasirnya kemakan. Sambel Asem Semacem rujak kucur gitu. Rujak kangkung atau orang cirebon bilang sambel asem ini menggunakan kangkung yang sudah direbus.

Post a Comment

0 Comments